Kawasan di mana banyak mahasiswa tinggal di sebelah timur Bandung saat ini adalah daerah proyeksi pengembangan kota Bandung di masa depan. Kawasan Jatinangor yang sudah masuk ke wilayah barat Kabupeten Sumedang ini sudah mendapat sebuah kehormatan dari pemerintah daerah propinsi Jawa Barat dengan penetapannya sebagai kawasan pendidikan tinggi di Jawa Barat.

Sebagaimana sudah terjadi pada pengembangan kota Cimahi di Bandung sebelah barat, ditambah lagi pemekaran Kabupaten Bandung Barat setelah sebelumnya masuk dalam wilayah Kabupaten Bandung, menjadi satu tesis yang bisa dipercaya bahwa di masa depan hal yang sama akan terjadi juga di kawasan Bandung bagian timur. Dan, memang hal ini suatu saat akan menjadi kenyataan dan keniscayaan ketika sebuah kota sudah tidak bisa lagi menampung semua kebutuhan warganya.

Tiga perguruan tinggi besar berada di kawasan ini, yaitu: Universitas Padjadjaran, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, dan yang baru saja menempati kampus barunya adalah Institut Teknologi Bandung. Kenyataan ini memberi indikasi bahwa salah satu syarat kelayakan kawasan ini menjadi kota sudah terpenuhi, yaitu kebedaraan tempat pendidikan yang memadai.

Mari kita tunggu, apakah benar kondisi akan mengarah ke sana. Tentunya bagi yang ingin berinvestasi lokasi, sudah selayaknya mengincar kawasan ini sebagai salah satu pertimbangan.

 


Comments




Leave a Reply

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    May 2013

    Categories

    All